Analisa Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi Bank BCA
Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca berarti tempat penukaran uang. Di era saat ini, hampir semua orang telah membuka minimal satu rekening di salah satu bank. Pelayanan yang ada di bank pun semakin berkembang. salah satunya Bank BCA. Tapi, apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi? Mari kita simak!!!
Secara prinsip, ada 5 (lima) domain proses utama yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi informasi yang handal, masing-masing adalah sebagai berikut:
- Service Strategy
Sejak 2012, Bank Central Asia (BCA) mengubah konsep atau strategi layanan bagi nasabah atau customer service (CS) dari sebelumnya transaction banking (bank transaksional) menjadi relationship banking. Relationship banking merupakan suatu strategi yang digunakan oleh bank untuk memperkuat loyalitas pelanggan dan menyediakan satu titik layanan untuk berbagai produk dan layanan. Perubahan konsep layanan ini dicanangkan agar BCA semakin dekat dengan nasabahnya. Jadi, apa saja yang dibutuhkan nasabah akan disediakan BCA sehingga engagement nasabah makin kuat. - Service Design Perbankan nasional kini sudah dipaksa untuk mengikuti derasnya arus digitalisasi. Sebelumnya bank memang sudah melayani nasabahnya secara digital seperti layanan ATM, internet banking, mobile banking hingga uang elektronik. Tapi sekarang, mengajukan kredit yang biasanya repot karena harus datang ke kantor cabang dan harus mengisi tumpukan formulir, kini hanya tinggal klik di aplikasi. Begitupun membuka rekening tabungan. Salah satunya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang juga memiliki rencana untuk meluncurkan layanan pembukaan rekening tanpa harus ke kantor cabang.
- Service Transition
Service transition adalah tahapan merealisasikan/mengimplementasikan hasil tahapan service design menjadi layanan baru atau modifikasi layanan sebelumnya.
Pada 21 Maret kemarin, PT. BCA Finance telah merealisasikan rencana mereka dan baru saja melakukan update pada aplikasi terbaru mereka yang bernama BCAF. - Service Operation Service operation ialah tahapan operasional layanan TI sehari – hari, termasuk melakukan aktivitas dukungan terhadap layanan TI untuk memastikan value layanan benar –benar dirasakan dan sesuai dengan harapan serta kebutuhan pengguna yang dilakukan secara berkala. Kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk mendukung layanan pemberian layanan TI adalah sebagai berikut:
1. Detail Pembayaran Angsuran
> Untuk melihat history pembayaran angsuran
2. Simulasi Pelunasan Dipercepat
> Untuk melakukan proses pelunasan dipercepat
3. Booking Pengambilan BPKB
> Untuk melakukan booking pengambilan BPKB bagi konsumen yang sudah lunas. - Continual Service Improvement
CSI merupakan suatu proses yang berfokus pada peningkatan efisiensi, memaksimalkan efektivitas dan mengoptimalkan biaya layanan dan mendasari dari proses Information Technology Service Management (ITSM). Dilihat dari peluncuran dan pengupdatean secara berkala yang baru dilakukan serta review beberapa pengguna yang mengkritik tetang aplikasi tersebut yang masih memiliki bug (suatu cacat desain pada perangkat yang menyebabkan program berjalan tidak semestinya), mungkin hingga kini pihak BCA Finance masih terus memperbaiki dan mengoptimalkan aplikasi tersebut.
Dilihat dari lima standar tersebut, PT.BCA Finance tentu saja telah memenuhi Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi. Kemajuan teknologi yang berkembang pesat tentu akan terus terjadi dan tentunya akan semakin mempermudah kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Semoga Bermanfaat!!!
Sumber :
- https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vq.mbrochuregp.client.android&hl=in
- https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2014/(69).pdf
- https://catatancemilan.blogspot.com/2017/04/service-operation.html
- https://catatancemilan.blogspot.com/2017/05/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
- https://swa.co.id/swa/trends/marketing/beginilah-strategi-bca-menjadi-relationship-banking
- https://slideplayer.info/slide/11992237/
- https://www.investopedia.com/terms/r/relationship-banking.asp
Komentar
Posting Komentar