Perkembangan Teknologi Informasi, Hardware dan Software

Mempelajari teknologi informasi merupakan salah satu hal penting yang harus kita ketahui pada era globalisasi saat ini, terutama para penikmat informasi. Informasi sendiri juga merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Beberapa hal yang mendukung untuk mempelajari teknologi informasi adalah agar kita dapat mengetahui perkembangan dan hal apa saja yang terjadi di negara kita, mengingat Indonesia terdiri dari beberapa pulau, perairan yang luas, jumlah penduduk yang banyak dan tentu saja jarak membentang di antara kita. Maka dari itu mengetahui tentang Perkembangan Teknologi Informasi cukup penting agar dapat mengakses informasi di mana saja dan dari mana saja dengan cepat, selain itu kita juga dapat memahami media apa saja yang pernah dan dapat kita gunakan untuk mengetahui berbagai informasi di luar sana.

Selain itu Hardware dan Software merupakan bagian dari suatu teknologi yang juga mengalami perkembangan. Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah salah satu dari tiga komponen utama pembangun sistem di dalam komputer yang berwujud atau dapat kita lihat dan disentuh. Hardware mempunyai fungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Sedangkan Software atau dalam bahasa indonesia adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk memproses data atau perintah/instruksi hingga mendapatkan hasil atau hingga dapat menjalankan berbagai perintah. 

Pengertian Teknologi Informasi 
Sebelum memasuki pembahasan mengenai perkembangan teknologi informasi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari teknologi informasi. Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Sejarah Teknologi Informasi
Teknologi informasi yang berkembang pesat dan sangat dikenal saat ini menggunakan teknologi perangkat keras hardware maupun software dengan ukuran yang kecil namun memiliki kapasitas tinggi. Semakin berkembangnya teknologi menyebabkan berbagai aktifitas dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Semua perkembangan tersebut tidak lepas dari kerja keras para peneliti maupun para ilmuan untuk memperbaiki dan mengurangi kelemahan dari sebuah teknologi informasi. Berikut ini merupakan perjalanan panjang perkembangan dari teknologi informasi dari Masa Pra-Sejarah, Masa Sejarah, dan Masa Modern.
  1. Masa Pra-Sejarah (... s/d 3000 SM)
    Pada masa pra-sejarah, informasi yang didapatkan maupun yang akan diberikan dapat digambar pada dinding gua, bebatuan, tebing ataupun tanah yang memiliki kontur keras. Selain itu beberapa media seperti asap yang digunakan untuk mengirim sinyal bahaya, daun lontar ataupun serat papyrus yang digunakan sebagai media tulis seperti kertas pada jaman sekarang, dan masih banyak lagi media komunikasi atau media untuk menyampaikan informasi pada masa pra-sejarah.
  2. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
    Pada masa ini bangsa Sumeria merupakan penemu pertama dari simbol dan tulisan. Selain itu bangas Mesir Kuno telah menemukan dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph untuk etiap ungkapan yang banyak terdapat pada batuan, bangunan hingga pada kulit kayu dan hewan. Hingga pada tahun 1877, Edweard Maybridge menemukan fotografi kecepatan tinggi yang kemudian pada tahun 1899 pertama kali digunakan sebuah sistem penyimpanan data yang berbentuk pita magnetis.
  3. Masa Modern (1990-an)
    Pada masa ini teknologi informasi semakin tumbuh dengan cepat. contohnya pada tahun 1972 Ray Tomlinson berhasil menciptakan sebah program pengiriman surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima dalam waktu yang hampir bersamaan atau yang sekarang kita kenal sebagai e-mail. kemudian pada tahun 1986 IETF berhasil mengembangkan server yang digunakan sebagai alat koordinasi dan penyambung komunikasi antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
Perkembangan Media Teknologi Informasi
Sejak tahun 1970-an, teknologi informasi di Indonesia berkembang secara bertahap. Karena hal tersebut dibentuklah Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) yang dibentuk guna membantu untuk mengarahkan perkembangan teknologi informasi di Indonesia menjadi lebih baik.

  1. Perkembangan Televisi
Tidak hanyak bentuknya yang berevolusi tetapi juga teknologi di dalamnya. Salah satu contohnya adalah Donald Bitzer dan Gene Slottow yang menciptakan prototype sel tunggal display TV Plasma. Kemudian, Walter Spear dan Peter Le Comber yang menciptakan display warna LCD dari bahan "Thin Film Transfer". Selain teknologi, perkembangan televisi juga menjalar hingga saluran di dalamnya. Salah satu televisi nasional, yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI) diresmikan pada 24 Agustus 1962. Televisi ini merupakan satu-satunya stasiun televisi pemerintah. Pada perkembangannya saluran televisi semakin banyak, baik stasiun televisi lokal ataupun nasional swasta. Bahkan saat ini pun banyak berkembang saluran televisi digital dan berlangganan yang lebih kuat dan banyak fiturnya bila dibandingkan dengan saluran televisi pada biasanya.

        2. Peluncurlan Berbagai Satelit
Satelit Palapa A1

Indonesia juga berhasil meluncurkan sebuah Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). Peluncuran SKSD tersebut dimulai pada tahun 1975 dan selesai 1976 dengan satelit pertama yang bernama satelit PALAPA A1 dari Kennedy Space Center, Amerika Serikat. Setelah peluncuran satelit tersebut, diluncurkan berbagai satelit yang lain seperti PALAPA A-2 (1977), PALAPA B-1 (1983), PALAPA B-2 (1984), PALAPA B-2P (1987), PALAPA B-2R (1990), PALAPA B-4 (1992), PALAPA C-1 (1996), PALAPA C-2 (1996), Indostar/Cakrawarta I (1997), Satelit TELKOM 1 (1999), GARUDA 1 (2000), TELKOM 2 (2005), INASAT-1 (2006), LAPAN-TUBSAT (2007), Indostar/Cakrawarta II (2009), dan PALAPA D (2009).

         3. Perkembangan Internet
Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat, U.S. DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dalam proyek ARPA - ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan komunikasi tanpa batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada proyerk ARPANET tersebut setelah dirancang bentuk jaringan dengan standarisasi kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan untuk saling berbagi maka terbentuklah sebuah protokol baru yang dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan semula dari proyek ARPANET sebenarnya hanya terbatas pada keperluan militer saja, pada waktu itu sistem jaringan komputer yang dibuat untuk menghubungkan komputer pada daerah/wilayah vital.

ARPANET pada tahun 1969 awalnya hanya menghubungkan 4 situs saja diantaranya yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah menjadi jaringan secara terpadu. Lalu pada bulan Oktober 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum dan tidak lama kemudian berkembang sangat pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan dalam mengaturnya. Maka ARPANET di pecah menjadi dua bagian yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan ARPANET yang lebih kecil dalam keperluan non-militer. Seiring waktu gabungan antara kedua jaringan tersebut dikenal masyarakat luas dengan nama DARPA Internet dan kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet yang seperti sekarang ini kita kenal. Istilah internet pertama kali digunakan pada tahun 1982 dengan perkembangan name server yang memungkinkan para pengguna dapat terhubung kepada suatu host tertentu.
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". 

Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. 

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. 

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. 

Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada. 

Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.

Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.

Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Perkembangan Internet telah dan terus berkembang sangat pesat membuat penggunanya semakin bertambah dan terus bertambah dengan berbagai layanan yang bisa didapatkan baik dalam mengakses informasi dari berbagai situs, komunikasi live chat, email gratis, dan berbagi data dengan secara langsung menggunakan software dan tools tertentu atau menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Dalam penggunaan internet harus secara bijak menggunakannya dan juga menjaga keamanan komputer yang terhubung dengan menggunakan antivirus terbaik agar terlindungi dari setiap aktivitas berbagai sumber daya ataupun berselancar didunia maya.

         4. Handpone

Kemajuan teknologi seolah-olah dan seakan-akan tidak bisa di bendung dari zaman dan tahun ketahun kemajuan, teknologi semakin pesat baik hanphone maupun computer semakin menjamur baik dari anak Sekolah Dasar (SD) sampai ke orang dewasa dan bahkan ke kakek-kakek semuanya menggunakan baik HP untuk berkomunikasi maupun computer hanya untuk senang-senang.

Contoh teknologi yang paling melesat saat ini adalah HP, mungkin generasi pertama yang muncul pada tahun 1973 yang masih jadul dan bentuknya besar pada tahun ini HP tidak terlalu diminati karena fitur yang kurang menarik kemudian jaringan juga yang belum menyebar luas. Kemudian muncul lagi generasi ke-2 yaitu pada tahun 1990-an, di generasi kedua ini bentunya mulai dimodifikasi, akan tetapi harga yang masih melambung tinggi sehingga hanya sedikit orang untuk menggunakan. setelah itu muncul lagi generasi ke-3 pada tahun 2000-an dan sampai sekarang muncul generasi ke- 4 yang lebih canggih dan keren.

Pada tahun 2000-an muncul HP generasi ke-3 atau sering disebut 3G. jaringan 3G ini memberikan operator jaringan atau jangkauan pengguna lebih luas termasuk internet dan video call. Jaringan 3G yaitu GSM, EDGE dan CDMA. Akan tetapi teknologi HP dengan jaringan 3G mempunyai kelemahan yaitu biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini, akan tetapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasi yang digunakan antara lain Symbian.

Setelah itu muncul generasi ke-4 pada tahun 2010 generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing,online game, dan lain-lain.

Contoh Teknologi Informasi Dalam Bidang Transportasi
Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kegiatan bidang transportasi tidak lepas dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, lebih detailnya adalah dengan menggunakan bantuan sistem komputer. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. 
Dengan tuntutan yang berkembang ditempatkan pada transportasi infrastruktur’s Oregon dan terbatas sumber daya keuangan, metode baru harus dieksplorasi untuk memenuhi kebutuhan transportasi negara baik hari ini dan di masa depan. Intelligent Transportation Systems (ITS) teknologi menyediakan alat yang signifikan untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan transportasi di negara bagian.
Dasar dari aplikasi ITS didasarkan pada dan transportasi sensor lingkungan, efektif komunikasi, perangkat lunak komputer dan pengolahan informasi perangkat keras. ITS menggunakan berbagai teknologi maju dan aplikasi untuk meningkatkan transportasi keselamatan, menyediakan informasi perjalanan ke pengguna sistem dan lebih efektif mengelola sistem transportasi. The Oregon ITS Rencana Strategis: 1997-2017 menyatakan bahwa tujuan ITS menerapkan di Oregon adalah untuk:
- Meningkatkan produktivitas dari sistem pengguna transportasi,
- Meningkatkan keselamatan,
- Meningkatkan efisiensi sistem transportasi,
- Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas,
- Meningkatkan antar moda koneksi,
- Mempromosikan tanggung jawab lingkungan dan mengurangi penggunaan energy

Berikut ini adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang transportasi khususnya untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.



RADAR
Radar adalah suatu sistem gelombang elektromaknetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak. Dalam bidang penerbangan radar biasanya terlihat digunakan di menara kontrol bandara yang memakai system Air Traffic Control (ATC). Air Traffic Control merupakan suatu kendali dalam pengaturan lalu lintas udara yang berfungsi untuk mengatur lalu lalang serta kelancaran lalu lintas udara bagi setiap pesawat terbang yang akan lepas landas (take off), terbang di udara, maupun yang akan mendarat (landing). ATC juga berfungsi untuk memberikan layanan bantuan informasi bagi pilot tentang cuaca, situasi dan kondisi bandara yang dituju.




E-TICKETING SYSTEM.
E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secaradigital dalam sistem komputer milik perusahaan penerbangan.
E-ticketing adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan. Sistem E-ticketing ini memudahkan orang untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs internet. Tiket dapat dibeli dengan cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. E-ticketing ini juga dapat mengurangi resiko ketinggalannya ticket, hilangnya ticket atau rusak nya ticket.
Manfaat dari system E-ticketing :
1. Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos.
2. Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket.
3. E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.
4. Pembeli mampu mencetak tiket mereka dengan segera. Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir keputusan.
5. E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.
6. E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan. Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan pada web Anda tiket.

Perkembangan Hardware 
Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari berbagai alat pengolahan data. Adalah seorang Charles Babbage yang pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun 1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas. Berikut adalah perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940 :
  • Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer pada masa isi memiliki komponen elektronik dari tabung hampa (Vacuum Tube). Program yang dibuat menggunakan bahasa mesin (machine language) yang akan tersimpan dalam memori komputer. Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang besar dan memerlukan tempat yang sangat luas. Karena ukurannya yang besar komputer jenis ini memerlukan pendingin (AC) yang banyak karena komputer ini juga mengeluarkan panas yang cukup banyak. Selain itu, proses yang terjadi relatif lama dan memiliki kapasitas yang kecil untuk menyimpan data.

  • Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer pada masa ini banyak digunakan di berbagai perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Komputer ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi pertama yaitu seukuran lemari. Komponen elektroniknya terdiri dari transistor. Program dibuat dengan assembly language, common business-oriented language (COBOL), formula translator (FORTRAN), dan ALGOL.

  • Komputer Generasi Ketiga (1964-1980) 


Komponen elektronik komputer ini dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempeng atau chip. Program dibuat dengan bahasa tinggat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTAN, COBOL. Pada generasi ini sudah mengenal konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan. Pada generasi ini komputer sudah dapay berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
  • Komputer Generasi Keempat (1980-Sekarang)
 

 Pada generasi ini komputer sudah memiliki ukuran yang lebih kecil dari yang sebelum-sebelumnya. Sudah menerapkan dan menegal sistem database atau Database Management System (DBMS). Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
  • Komputer Generasi Kelima
    Generasi ini memungkinkan komputer masadepan untuk lebih dapat berinteraksi dengan manusia.

Perkembangan Software
1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .

3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (windows , Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Kesimpulan
Daya pikir dan daya cipta manusia membuat segalanya lebih mudah. Dengan pesatnya perkembangan di bidang teknologi informatika, maka akses seakan-akan tidak ada batas. Dan tidak dapat kita pungkiri bahwa manusia sidikit banyaknya telah tergantung kepada teknologi itu sendiri. Manusia seakan-akan tidak bisa hidup tanpa teknologi.

Teknologi itu sendiri saat ini telah dianalogikan sebagai bagian dari tubuh manusia yang saling tergantung satu sama lain. namun semakin teknologi itu semakin berkembang semakin besar juga ketergantungan manusia terhadap penggunaan teknologi itu sendiri. Maka hal inilah yang mengakibatkan munculnya kejahatan-kejahatan yang menggunakan perkembangan teknologi ini sebagai cara yang paling canggih dan paling mudah untuk melakukan aksinya.

Tanpa disadari bahwa perkembangan teknologi itu sendiri telah mengekang manusia itu sendiri dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan. Semakin hari perkembangan teknologi yang semakin pesat suatu saat akan membawa kehancuran bagi umat manusia. Karena kemajuan teknologi juga diikuti dengan kemajuan kejahatan yang mengikutinya.

Sebagai manusia yang beradab, dalam menyikapi dan menggunakan teknologi ini, mestinya kita dapat memilah mana yang baik, benar dan bermanfaat bagi sesama, kemudian mengambilnya sebagai penyambung mata rantai kebaikan terhadap sesama, kita juga mesti pandai melihat mana yang buruk dan merugikan bagi orang lain untuk selanjutnya kita menghindari atau memberantasnya jika hal itu ada di hadapan kita.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review - Aplikasi Muslim Pro

PERBANDIGAN FRAMEWORK CMMI & TOGAF

Penerapan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra